Friday, October 30, 2015

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Pada Wajah

Kulit sebagai representatif terluar dari tubuh tentunya berpengaruh besar dalam banyak aspek kehidupan. Kulit wajah yang dipenuhi bekas jerawat yang tentunya bisa menjadi mimpi buruk dan pengurang rasa percaya diri baik untuk wanita maupun pria dewasa ini. Banyak cara yang ditempuh untuk menghilangkan bopeng-bopeng kasat mata tersebut mulai dari konsultasi dengan dokter spesialis kulit sampai teknik laser yang pastinya merogoh kocek yang cukup dalam.

Merebaknya klinik kecantikan yang menawarkan cara cepat berupa paket perawatan untuk menghasilkan kulit wajah yang mulus, rata tanpa cela menunjukkan betapa tingginya perhatian kita terhadap kecantikan atau kesehatan kulit.

Sebetulnya banyak cara alami untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus tanpa cela menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Baiknya sebelum itu kita mengetahui jenis-jenis bekas jerawat agar tahu perawatan yang lebih tepat sesuai dengan jenisnya. Menurut Dr. Eric Schweiger, seorang pemilik Clear Clinic, ada tiga jenis jerawat yang secara umum terjadi pada kulit manusia yaitu:

1. Noda jerawat atrophic / atrophic scar.
Jenis ini adalah bentuk noda jerawat yang membentuk cekungan-cekungan atau lipatan yang disebabkan karena rusaknya jaringan kolagen, lemak atau jaringan lainnya dibawah permukaan kulit.
2. Bekas Jerawat Hypertrophic / hypertrophic scar.
Kondisi kerusakan kulit yang membuat bekas luka atau jerawat terlihat timbul karena disebabkan tumbuhnya jaringan kolagen berlebih dan pada kasus tertentu berwarna kehitaman.

3. Post-inflammatory Pigmentation.
Jenis bekas luka atau jerawat ini adalah kondisi kulit yang mengalami pigmentasi kemerahan yang membuat kulit tampak seperti bekas terbakar. Apabila dibiarkan terlalu lama dapat menjadi kondisi kulit permanen dimana warna pigmentasi tersebut akan berwarna lebih gelap dan tentunya lebih terlihat oleh mata sehingga metode alami tidak bisa lagi menjadi pilihan.

Setelah tahu kira-kira jenis bekas jerawat mana yang Anda alami, mari kita lihat beberapa cara alami untuk menghilangkan noda jerawat.

1. Masker Buah Tomat.
Kandungan vitamin A pada buah merah yang berair ini rupanya dapat merangsang bertambahnya kolagen alami untuk membantu proses pembentukan kulit baru. Cukup oleskan 1 buah tomat yang telah dihaluskan ke noda jerawat lalu biarkan lebih kurang 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat dilanjutkan dengan bilasan air dingin. Lakukan dengan rutin setiap hari.

2. Masker Lidah Buaya.
Tumbuhan yang termasuk dalam keluarga kaktus ini rupanya memiliki 72 jenis zat dan 200 senyawa lain seperti polymannans, antrakuinon, mannan asetat dan lektin yang sudah pasti sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Dengan mengoleskan bagian getah atau gel lidah buaya pada bagian bekas jerawat lalu mendiamkannya selama 15 menit untuk kemudian dibilas dengan air panas rupanya bisa membantu mengurangi bekas jerawat tersebut.?

3. Masker Pepaya.
Buah yang lazim menjadi makanan burung ini ternyata mengandung papain yang terbukti dapat menjaga kualitas kulit dengan mengurangi peradangan dan iritasi. Enzim Papain ini pula rupanya mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus membasmi sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Cukup oleskan merata buah pepaya yang sudah dihaluskan lalu diamkan 15 menit. Basuh air hangat yang lalu diikuti air dingin untuk membantu penyerapan yang optimal. Lakukan rutin sekali setiap 2 hari.

4. Kulit Mentimun.
Kandungan Asam askorbat dan asam caffeic pada buah yang tumbuh menjalar ini dapat mengurangi peradangan. Kandungan aktif alaminya sudah dipastikan membawa efek revitalisasi pada kulit sehingga dapat mengencangkan kulit dan meminimalisir bekas jerawat. Kupas kulit mentimun dan tempelkan pada noda jerawat Anda. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air. Konsumsi buah yang ada untuk membantu proses perawatan dari dalam.

5. Masker Putih Telur. Tahukan Anda bahwa kandungan Asam Amino, Zat Besi dan Vitamin E yang terdapat pada putih telur secara ilmiah terbukti dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya. Cukup oleskan merata pada area bekas jerawat Anda lalu diamkan beberapa menit lalu dibilas, dijamin kulit mulus dan kencang setelah pemakaian harian yang teratur.

Sekarang sudah siap untuk mencoba metode alami untuk kulit mulus dan bebas bekas jerawat? Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment